Bawaslu BU Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada Partisipatif

oleh -145 views

SIGAP BENGKULU UTARASebagai salah satu unsur yang turut bertanggung atas terciptanya proses pemilihan kepala daerah yang jujur, adil, langsung, umum, dan rahasia, dalam mengawal Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Kabupaten Bengkulu Utara menyiapkan langkah strategi pengawasan.

Salah satu strategi yang dilakukan yakni mengikutsertakan segenap organisasi kemasyarakatan, organisasi agama hingga ke organisasi intra sekolah (OSIS) tingkat SLTA untuk melakukan pengawasan partisipatif guna menjaga dan meminimalisir Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Bawaslu Bengkulu Utara, digelar di aula salah satu resto di Rama Agung Kota Arga Makmur, pada Senin (19/10/2020) menghadirkan pemateri dari Bawaslu, KPU dan Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, diikuti sebanyak 50 orang peserta dari berbagai organisasi.

Ketua Bawaslu BU, Tintin Sumarni, SH, dalam kesempatan itu menegaskan, tentang pentingnya peran serta masyarakat untuk ikut serta dalam pengawasan partisipatif ini.

“Kita harapkan, para peserta dapat menyampaikan kepada anggota organisasinya masing-masing, keluarga dan masyarakat, dengan tujuan supaya Pilkada di Kabupaten Bengkulu Utara berjalan lancar, kondusif dan aman, serta tidak terjadi pelanggaran,” ujar Titin.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara, Denny Agustian, SH., MH menyampaikan kepada para peserta supaya apabila menemukan pelanggaran segera melaporkannya kepada pihak Bawaslu. Hal itu dimaksudkan, apabila segera dilaporkan, maka pelanggaran yang terjadi dapat ditangani sedini mungkin.

“Kita berharap kepada para peserta dan seluruh masyarakat, bila ditemukan adanya pelanggaran dalam proses Pilkada ini, segera melaporkannya. Semakin cepat semakin baik,” kata Denny.

Peserta sosialisasi antara lain, MUI, Muhammadiyah, NU, Aisiyah, BKMT, Fatayat, Salimah, Muslimat, Wanita Islam, Wanita Hindu, Wanita Protestan, Wanita Katolik, IKB, FMR, IKP, IKE, IKL, IKMM, Semaku, IKG, IKEL, IKPA, PMJB, RKDP, IKM, HIMSU, IKML, IMK, IKLK, IKI, BMA, Sargas Covid-19, PPBU, FKUB, Pramuka, Ketua Osis SMA 1, SMA 2, PWI, Darma wanita, Bhayangkari, Persit, DMI, dan PMI.

Pewarta : Gilang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *