Ratusan Pemancing Gabus Uji Kebolehan di Ujung Tanjung

by -107 views

SIGAP BANYUASIN – Demi menyalurkan hobi, ratusan pecinta memancing rela datang dengan menempuh jarak puluhan kilometer dan harus berjalan kaki satu kilometer ke lokasi pemancingan, tepatnya di Sungai Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin, Minggu (23/08).

Komunitas mancing mania menguji strike dengan mengikuti lomba mancing ikan gabus memperebutkan piala Bupati Banyuasin, yang digelar Angler Sumsel Fishing Club (ASFC). Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Banyuasin H Slamet didampingi Wakil Ketua PKK Hj Neny Slamet.

Penyelenggara even, sekaligus Ketua ASFC Irawan mengatakan, kegiatan mancing ini digelar rutin setiap tahun dan bertepatan dalam rangka HUT ASFC ke 4 Tahun 2020.“Alhamdulillah, peserta yang mengikuti lomba antusias sekali dan jumlah yang daftar 419 orang dari 21 komunitas pemancing berasal dari berbagai daerah,” ujar dia.

Even ini, kata Irawan, sebagai ajang bagi mereka yang hobi memancing. Terlebih di tempat ini memang banyak ikan gabus.“Sebelum lokasinya dipilih, kami survei terlebih dahulu dan memang rawa ini banyak ikan gabus. Maka peserta yang daftar semangat,” kata dia.

Peserta haruslah sportif dan wajib mengikuti aturan yang sudah ditetapkan panitia. Menariknya lomba ini, bila umpan disambar ikan, peserta wajib berteriak ‘striker’. Panitia akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan, demi sah tidaknya ikan tangkapan.

Peserta yang menjadi juara apabila berhasil mendapatkan ikan gabus dengan ukuran terpanjang dan sah sesuai penilaian panitia. Bila ukuran ikan yang didapat sama, pemenangnya adalah yang pertama kali mendapatkan ikan. lkan yang sah ukur adalah yang sempurna (umpan masuk mulut ikan).

Demi keamanan, pihaknya melarang peserta berendam di spot lokasi lomba. Atau berkeliaran masuk hutan sekitar lokasi. Peserta diwajibkan membawa umpan (lure) sendiri, tidak diperbolehkan memakai umpan hidup.

Untuk pemenang lomba, selain trofi, ada juga hadiah uang, yakni juara 1 Rp3 juta, juara 2 Rp2 juta, dan juara 3 Rp1 juta. Serta disediakan doorprize berupa 1 unit sepeda motor Honda, berlaku untuk panitia dan peserta.

“Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemkab Banyuasin, yang telah mendukung kegiatan memperingati HUT ASFC ke-4. Sehingga dapat berjalan meriah dan sukses,” tutur dia.

Pewarta : Suharni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *