Persoalan HGU Memuncak, Ratusan Warga Gelar Aksi di Kantor PT Agricinal

oleh -239 views

SIGAP BENGKULU UTARA – Gedung kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT Agiricinal di Kecamatan Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Utara dirusak warga, Senin (12/10/2020).

Selain memecahkan kaca, ratusan warga membakar ban di depan Kantor Induk PT Agricinal di Desa Pasar Sebelat. Guna mengantisipasi meluasnya aksi, para personil dari kepolisian dan TNI segera turun ke lokasi.

Aksi tersebut merupakan puncak tuntutan warga tentang hak guna usaha (HGU) perusahaan yang diminta dikembalikan ke 5 desa penyangga, namun hingga saaat ini belum ada kejelasan dari perusahaan.

Menurut mereka, izin lahan yang masuk dalam HGU perusahaan tersebut telah habis. Sementara warga dari 5 Desa penyangga tidak memberikan izin perpanjangan.

Danramil Putri Hijau Kapten Inf. Sucipto saat dihubungi mengatakan, Kapolres Bengkulu Utara saat itu sudah berada di lokasi, menemui warga, dan diminta agar tenang serta tidak melakukan tindakan anarkis

“Saat ini tengah dilakukan mediasi, dipimpin Kapolres Bengkulu Utara,” kata Danramil Putri Hijau Kapten Inf Sucipto saat dihubungi lewat telepon seluler, Senin.

Namun, dari pihak PT Agricinal belum bisa dikonfirmasi terkait kerusuhan massa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *