Pengelolaan Limbah Medis Di Puskesmas, Ini Kata Sekdis Dinkes BU

oleh -67 views

Bengkulu Utara, Sigaponline – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara memastikan pengelolaan limbah medis di setiap puskesmas dan RSUD sudah dilakukan sesuai SOP. Dinkes BU tidak main-main dalam pengelolaan karena limbah tersebut termasuk bahan berbahaya dan beracun (B3).

Dilansir dari kanal YouTube Garuda Citizen Pengelolaan Limbah B3 Medis Puskesmas Napal Putih, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Berdasarkan tata kelola limbah B3 medis yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Limbah B3 Dapat merusak, mencemarkan lingkungan hidup, kesehatan, kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara, Samsul Ma’arif, SKM melalui Sekretaris Dinas kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara Nova Hendriani, SKM,MM  menjelaskan, untuk limbah medis disetiap puskesmas milik Pemerintah daerah Bengkulu Utara saat ini dikelola oleh pihak ketiga.

“Untuk pengelolaan limbah B3 disetiap puskesmas sudah mempunyai izin baik dari pemerintah daerah juga Pemerintah Pusat, Karena setiap Puskesmas telah bekerjasama dengan pihak ketiga mengelola limbah B3 medis tersebut,” ungkapnya (21/6/2022).

Sekdis Nova Hendriani juga menambahkan
”Pengelolaan limbah B3 medis di puskesmas telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Seperti yang tercantum pada modul pengelolaan limbah medis B3.

Limbah B3 ini berasal dari berbagai ruangan yang telah dimasukkan pada Kemasan plastik khusus berwarna kuning sesuai dengan SOP dan akan dilakukan pemilahan oleh petugas yang pada akhirnya nanti akan disimpan di dalam gudang penyimpanan sementara yang ada di Puskesmas.

Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara selalu mengingatkan kepada petugas disetiap puskesmas dan RSUD selalu menjadi perhatian khusus Dinas kesehatan kabupaten Bengkulu Utara dalam sistem pengelolaan limbah B3 medis ini,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.