Minimalisir Sengketa Lahan, KUA Arga Makmur Dorong Percepat Sertifikasi Wakaf Tanah Masjid

oleh -120 views

Bengkulu Utara, Sigaponline – Upaya percepatan sertifikasi tanah wakaf masjid harus terus digalakkan. Hal ini sangat penting mengingat seringnya terjadi sengketa pertanahan yang melibatkan tanah wakaf.

Kepala Kantor Urusan Agama Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Razikin Fajri, S.Ag mengatakan, pihaknya fokus pada sertifikasi lahan wakaf yang dipergunakan sebagai tempat umum maupun untuk fasilitas publik lainnya.

“Perubahan status harta benda wakaf berupa tanah dan bangunan harus izin tertulis Menteri Agama melalui Pertimbangan Badan Wakaf Indonesia (BWI),” kata Razikin usai memimpin Ikrar tanah wakaf Masjid Nurul Iman Desa Kurotidur. Senin,(03/05/2021).

Razikin menjelaskan, proses sertifikasi tanah wakaf harus segera diurus. Hal ini karena acap kali terjadi sengketa tanah wakaf. Dimana biasanya orangtua sudah mengikrarkan tanahnya untuk diwakafkan, namun dari ahli waris ada yang tidak mengikhlaskan dan berniat memintanya kembali, apalagi
dimanfaatkan untuk pembangunan rumah ibadah (Masjid).

 

Razikin juga menginformasikan kepada masyarakat, sebaiknya ketika nanti berniat untuk mewakafkan tanahnya, hal itu sudah dirundingkan dengan baik bersama anggota keluarga dan ahli warisnya. Agar hal – hal yang nantinya dapat menghambat proses sertifikasi tanah wakaf tidak lagi muncul saat si pewakaf sudah meninggal dunia.

Serta edukasi kepada para masyarakat tentang tata cara wakaf tanah harus selalu dilakukan pada tiap kesempatan, baik saat penyuluhan tentang agama Islam atau saat ada pengajian. Agar masyarakat faham dari awal bagaimana hukum perundang – undangan dan tata cara serta akad pewakafan tanah yang sesui dengan hukum islam. [Z10]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *