Melalui Sistem SIAK Terpusat, Data Terentry Di Dinas Dukcapil BU Langsung Terkoneksi Ke Kemendagri

oleh -136 views

BENGKULU UTARA, SigaponlineMelalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) semua data yang terentry di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara langsung terkoneksi ke Kemendagri dan akan terverifikasi secara akurat.

Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Utara, Suwanto, SH, M.AP mengatakan, SIAK merupakan sistem informasi yang memanfaatkan tehnologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi pengelolaan administrasi kependudukan ditingkat penyelenggara dan instansi pelaksana sebagai satu kesatuan.

“Dengan siak terpusat seluruh Dinas Dukcapil se-Indonesia mempunyai regulasi yang sama. Semua data yang terentry di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Utara langsung terkoneksi ke pusat,” terangnya, Selasa 19 April 2022.

Dijelaskan Suwanto, SIAK terpusat ini data onlinenya 1×24 jam,.selanjutnya data sudah bisa digunakan oleh semua lembaga pengguna dan siak terpusat tidak memerlukan lagi SIAK Konsolidasi, bisa konsolidasi mandiri tinggal klik di SIAK terpusat.

“Security PDF di SIAK terpusat lebih aman, dan semua dokumen administrasi kependudukan bisa dicetak di desa kecuali KTP dan KIA melalui email desa yang telah terkoneksi dengan SIAK terpusat,” jelas Suwanto. [ADV]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.