Keren !!, Kendaraan Dinas Bengkulu Utara Nunggak Pajak Capai 2 Milyar

oleh -321 views

Bengkulu Utara, Sigaponline – Sejumlah legislator DPRD Bengkulu Utara, mempertanyakan Tunggakan pajak Kendaraan Dinas (Randis) Pemerintah Daerah setempat yang mencapai 2 milyar rupiah.

Nilai tunggakan pajak itupun di akui oleh sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) saat hering rapat kerja Legislator DPRD kepada para Kepala OPD Bengkulu Utara pada Selasa, 25 Mei 2021.

Febri Yurdiman, SE, selaku ketua komisi satu saat hering berlangsung menanyakan masalah tunggakan pajak randis yang diketahuinya melalui Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP – BPK) yang terjadi semenjak tahun 2012, hingga tahun 2020 dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi lagi di tahun 2021.

Menelaah dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK pada tahun 2020 ini nilai tunggakan pajak Randis cukup lumayan besar.Febri menanyakan sebab musabab tunggakan pajak Randis Pemerintah Daerah membengkak dan telah berjalan bertahun-tahun.

Selanjut Febri menyampaikan, permasalahan ini ia minta agar Pemerintah Daerah Bengkulu Utara agar sesegera mungkin bisa mengambil sikap agar menyelesaikan tunggakan pajak randis tersebut.

“Pemerintah menghimbau agar masyarakat taat pajak, kenyataan nya Pemerintah Daerah sendiri malah nunggak pajak randis. Apa kata masyarakat bila hal ini berlarut – larut dan Febri berharap ini harus segera di Clearkan,’ harap Febri.

Menanggapi permasalahan ini, Kepala BKAD Fitriansyah menerangkan, penyebab tunggakan pajak tersebut adanya Randis lama yang tidak bisa digunakan serta tidak memiliki surat – surat dan dokumen yang lengkap.

Lanjut nya lagi ada yang menjadi hambatan bagi pemerintah dalam proses pembayaran pajak. Bahkan pihak Pemerintah Daerah telah berkoordinasi kepada Pemerintah Provinsi agar meringankan beban adminitrasi saat akan melakukan pembayaran tunggakan pajak Randis tersebut.

Menyikapi atas pernyataan sekretaris BKAD, Masrup,” tunggakan pajak Randis pemkab hampir mencapai 2 Milyaran, Iapun tak membantah dan membenarkan apa yang di katakan sekretaris nya

Lanjut Fitriansyah menjelaskan, terdapat juga beberapa kendaraan yang sudah dilelang pada tahun sebelumnya,ada juga kendaraan yang sudah mangkrak (tidak bisa di gunakan), yang pajaknya masih tercatat dan setiap tahun terus berjalan. Pihaknya akan melakukan pembenahan serta pendataan seluruh aset randis Pemkab Bengkulu Utara maupun randis hibah yang berada di organisasi vertikal.

“Kamipun akan melakukan pendataan terhadap aset randis yang masih layak di gunakan maupun yang tidak layak di gunakan.” tutup Fitri. [Z10]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *