Dinas Dukcapil Bengkulu Utara Adakan Pendataan Penduduk Rentan Adminduk

oleh -59 views

BENGKULU UTARA, Sigaponline – Sebagai wujud kepedulian Pemerintah daerah Bengkulu Utara dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengadakan pendataan penduduk yang rentan Administrasi Penduduk (Adminduk).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bengkulu Utara, Suwanto, SH, M.AP mengatakan, saat ini masih banyak warga desa yang rentan akan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan. Misalnya, para lansia, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan disabilitas.

Tujuan dilakukan pelayanan ini untuk meningkatkan cakupan perekaman data kependudukan juga memberikan kemudahan bagi warga yang kesulitan menjangkau layanan adminduk di kantor Dukcapil.

“Kita melaksanakan pelayanan ini dengan harapan semua warga atau masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara dapat memiliki dokumen administrasi kependudukan, walaupun dalam keadaan rentan,” terang Suwanto di ruang kerjanya, Rabu 25 Mei 2022.

Dijelaskan Suwanto, masih ada 157 orang yang akan menjadi target sasaran. Karena dari jumlah keseluruhan 163 orang, baru 6 orang yang sudah mendapatkan dokumen adminduk.

“Ada 6 kecamatan yang sudah dilaksanakan yakni, Kecamatan Enggano, Padang Jaya, Putri Hijau, Napal Putih, Ketahun, Ulok Kupai. Sedangkan 13 kecamatannya lagi,  akan dilaksanakan pertengahan tahun ini,” jelas Suwanto.

Pelayanan peduli rentan adminduk tersebut, kata Suwanto, selaras dengan arahan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang terus mendorong jajaran Dukcapil dimanapun untuk selalu proaktif memaksimalkan pemberian pelayanan adminduk kepada masyarakat.

“Tujuannya agar masyarakat dapat mengakses berbagai pelayanan publik seperti bantuan sosial, kesehatan, dan pendidikan, setelah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” demikian Suwanto. [ADV]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.