Asah Kemampuan, Petugas Lapas Banyuasin Latihan Menembak

oleh -108 views

SIGAP BANYUASIN – Sekitar 50 orang Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin melaksanakan pelatihan menembak dan pemeliharaan senjata api. Kamis, (24/09). Rombongan Lapas Kelas IIA Banyuasin ini dipimpin oleh Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin, Ronaldo Devinci Talesa beserta jajaran yang diterima oleh Danyonzikon Letkol CZI Trisnu Novawan S. Sos M.trHan M. Si

Ronaldo menjelaskan, tujuan pelatihan ini adalah untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan petugas Lembaga Pemasyarakatan kelas IIA Banyuasin khususnya dalam bidang menembak dan pemeliharaan senjata api.

“Hari ini kita beri kesempatan kepada 50 pegawai Lapas Kelas IIA Banyuasin untuk berlatih menembak serta pemeliharaannya. Di Lapas Banyuasin sendiri memiliki beberapa senjata laras panjang seperti Shotgun SG – 1 yang di bawa kemari untuk di uji coba,” jelas dia.

Lebih lanjut Ronaldo mengungkapkan ucapan terimakasihnya kepada pihak Yonzikon yang telah menerima dengan baik. Pegawai Lapas merupakan salah satu pegawai yang dipersenjatai oleh negara. Untuk itu perlu pelatihan baik untuk menembak dan pelatihan perawatan senjata api.

“Kegiatan pelatihan bagi pegawai Lapas ini sangat penting untuk diikuti untuk memberi pengetahuan dalam memelihara, serta melatih kemampuan/kapasitas Pegawai Lapas dalam menggunakan Senjata Api khususnya dalam hal pengamanan Lapas sesuai dengan Undang-undang penggunaan senjata Api,” tutur dia.

Peserta dibagi kedalam dua kelompok yang secara bergantian mengikuti pelatihan menembak Pistol, Senapan dan pemeliharaan senjata dengan menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan sebelum masuk ke dalam lingkungan Yonzikon.

Adapun senjata yang digunakan untuk latihan menembak yaitu Senjata laras pendek (FN 46) dan laras panjang (M 16 A1). Sementara itu pelatihan pemeliharaan senjata api meliputi bongkar pasang dan perawatan senjata jenis Shotgun SG – 1 yang memang sudah digunakan petugas Lapas dalam melaksanakan tugas. Petugas Lapas juga memiliki senjata lainnya dalam melaksanakan tugas yaitu Shotgun dan Pistol FN.

Pewarta : Suharni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *