Pemdes Talang Ipuh Bentuk Kepengurusan BUMDes

SIGAP ONLINE, Banyuasin – Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) adalah kegiatan pemberdayaan ekonomi di wilayah Desa di bawah wadah Desa untuk meningkatkan roda perekonomian warga desa, sehingga masyarakat Desa bisa lebih baik, mandiri dan sejahtra.

Maka, Kades Talang Ipuh, Ardina mengadakan rapat pembentukan Bumdes sekaligus mengesahkan kepengurusannha, di kantor Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Jum’at (14/02), sesuai denga peraturan dan perundangan yang ada , Permendes No 4 Tahun 2015.

Dan pembentukan Bumdes ini, sesuai dengan aturan yang ada harus dikelola oleh warga masyarakat, dan Kepala Desa akan memberikan penyertaan modal, namun diharapkan Bumdes bukan hanya sekedar ada namanya saja, namun benar- benar berperan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Talang Ipuh.

Kepala Desa Talang Ipuh Ardina saat dikonfirmasi media ini mengatakan, bahwa akan mengawal dan membentuk Bumdes dengan baik, agar ke depan dengan adanya Bumdes akan berjalan dengan baik.

“Saya berharap dengan dibentuknya Bumdes di wilayah Desa Talang Ipuh akan memberikan dampak positif bagi warga masyarakat, sehingga ke depan akan di bentuk kegiatan usaha lainnya yang lebih baik lagi, ” ujarnya.

Dikatakan Kades Ardina bahwa kepengurusan Bumdes yang telah dibentuk dan di sahkan beranggotakan sebanyak 10 orang dimana Ketua Sahrul, SP, Wakil Ketua Pipin, Sekretaris Anisa, Bendahara Darsono dan Anggota bagian peternakan Prikana Imam, bagian pertanian dan perkebunan Irman serta bagian seni dan olahraga Jaka Resi, bagian jasa Hendri Dunan. “Setiap bagian mempunyai 2 orang anggota,” ungkap dia.

Dalam membentuk lembaga itu kata Kades Ardina, pihak desa juga tidak bisa melakukan dengan tergesa-gesa, karena perlu perhitungan dan pemetaan terlebih dahulu. Selain harus didukung SDM yang handal sebagai pengurus, pihak desa juga menentukan dengan tepat jenis usaha apa nantinya yang akan dijalani oleh Bumdes itu sendiri.

“Saat ini kita tengah melakukan kajian dulu, supaya keberadaan Bumdes bisa maksimal dan sesuai dengan yang diharapakan masyarakat,” terang dia.

Kades Ardina menyebut,, untuk kepengurusan Bumdes pihak desa melibatkan para pemuda dan perangkat desa serta BPBD yang mempunyai kemampuan untuk mengelola unit usaha desa, dengan kemampuan mereka agar mampu mengelola potensi hasil desa untuk meningkatkan serta memperkuat perekonomian masyarakat Desa Talang Ipuh.

“Untuk kepengurusan serta pengelolaan usaha ini, pihak desa akan merekrut SDM yang mampu dan handal dalam mengelola laju perekonomin desa,” ujar dia.

Kades Ardina mengatakan, 85 persen potensi yang ada di Desa Talang Ipuh merupakan wilayah pertanian karet. Selain itu, beberapa hasil pertanian serta perkebunan lainnya banyak dihasilkan di desa ini. “Untuk tanah di Desa Talang Ipuh ini memang sangat baik dan bagus untuk bercocok tanam,” tandas dia.

Terpisah Camat Suak Tapeh Sashadiman Ralibi, S.Ag., M.Si saat dikonfirmasi mengatakan agar dalam pengelolaan Bumdes serius dan jangan setengah hati, agar mendapat hasil yang lebih baik lagi buat kesejahtraan warga.

“Kita berharap agar pengurus Bumdes Talang Ipuh yang telah terbentuk dan disahkan supaya serius dalam pengelolaan Bumdes dan dapat mensejahterakan masyarakat setempat,” pungkas dia.

Pewarta : Suharni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh Gelar Rapat Verifikasi Data Terpadu

SIGAP ONLINE, Banyuasin – Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh melalui Kasi Kesos menggelar ...

Merasa Dirugikan Guru di Banyuasin Laporkan Kepala Sekolah ke Jaksa

SIGAP ONLINE, Banyuasin – Merasa di dirugikan dengan adanya sumbangan yang tidak ...