164 Calon Kades Di Rejang Lebong Teken Deklarasi Damai

SIGAP ONLINE, Rejang Lebong – Sebanyak 164 orang Calon Kepala Desa yang akan mengikuti pelkades pada 20 Februari 2020 mendatang, menandatangani deklarasi damai Pilkades. Pengukuhan dan Penadatanganan deklarasi ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong di BLKM Cawang Baru, Curup.

Deklarasi ini dipimpin oleh Bupati Rejang Lebong DR. H. Ahmad Hijazi, SH.M.Si, dimaksudkan sebagai wujud komitmen bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkades Serentak di daerah tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Hijazi menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), atas terselenggaranya acara deklarasi hari itu.

“Saya apresiasi Dinas PMD beserta jajaran karena telah melaksanakan deklarasi ini. Ini hal yang sangat baik sekali, sangat produktif dalam rangka melaksanakan Pilkades yang akan datang ini bahwa calon calon ini betul betul bukan orang lain, bukan lawan dan kawan bermain untuk pemilihan kepala desa,” ucap Hijazi.

Berikut ini isi ikrar Deklarasi Damai Pilkades Serentak di Kabupaten Rejang Lebong :

1. Siap menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak gelombang  ke-III diwilayah Kabupaten Rejang Lebong secara damai, jujur,  bermartabat dan bertanggungjawab.

2.Bersedia mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan dan Peraturan perundang – undangan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran hukum pidana maupun perdata selama pelaksanaan pilkades.

3. Sepakat untuk menciptakan situasi kondusif, aman dan tertib serta menentang segala unsur SARA yang dapat menimbulkan keresahan bagi masyarakat desa selama pelaksanaan pilkades.

4. Bertekad dan siap menerima hasil Pilkades terpilih maupun tidak terpilih dengan tidak melakukan segala tindakan kekerasan dan anarkis selama pelaksanaan pilkades.

5. Dalam hal sengketa dalam Pilkades akan dilakukan penyelesaian melalui mekanisme yang ada dalam Peraturan perundang – undangan yang berlaku dengan mengedepankan etika dan moralitas yang baik.

Acara deklarasi ini dipimpin oleh Bupati Rejang Lebong, Dr. H. Ahmad Hijazi, SH. M.Si, dihadiri Ketua DPRD, Kajari, Kapolres, jajaran Kapolsek dan Danramil wilayah hukum Rejang Lebong, Kepala OPD, Camat, Tokoh Masyarakat dan para calon Kepala Desa, para Ketua pelaksana dan Ketua pengawas pilkades.

Pewarta : Zul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Posisi Ratusan Pejabat Rejang Lebong Digeser, Ini Daftarnya

SIGAP ONLINE, Rejang Lebong – Bupati Rejang Lebong (RL), Dr. H Ahmad ...

Tragedi Berdarah Terjadi Lagi di RL, Janda Kaya Ditemukan Tewas Tidak Lama Pulang dari Bank

SIGAP ONLINE, Rejang Lebong – Tragedi berdarah kembali terjadi di Kabupaten Rejang ...