Tahun Ini, Jumlah Kuota Haji Reguler Mukomuko 178 Orang

SIGAP ONLINE, Mukomuko –  Tahun ini, jumlah calon jemaah Haji (CJH) Reguler di Kabupaten Mukomuko, masih sama dengan tahun sebelumnya yakni sebanyak 178 orang. Ketetapan jumlah CJH ini diperoleh dari pemerintah pusat melalui Kementrian Agama setempat.

“Jumlah CJH Kabupaten Mukomuko reguler yang disampaikan oleh Pemerintah pusat berjumlah 178 orang,”ungkap Kepala Kementrian Agama Kabupaten Mukomuko, H.Ajamalus kemarin.

Sedangkan untuk Kuota tambahan CJH di Mukomuko belum ditentukan. Karena masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi ada atau tidaknya Kuota tambahan CJH ini.

“Kalau kuota tambahan CJH tahun lalu berjumlah 33 orang. Kalau saat ini kita masih menunggu pengumuman atau keputusan dari pusat perkiraan bulan Maret-April itu sudah ada pengumuman ada atau tidaknya kuota tambahan ini,”jelasnya.

Kendati belum adanya kepastian kuota tambahan. Namun Pemerintah pusat melalui Kanwil mengintruksikan agar tetap mengurus kelengkapan administrasi, paspor dan melaksanakan manasik haji kepada calon yang nantinya akan diikut sertakan untuk kuota tambahan CJH ini.

“Yang CJH reguler kan sudah ada orang-orangnya. Jadi yang nantinya kita siapkan untuk kuota tambahan ini semua administrasi kita urus jadi nantinya ketika ada kuota tambahan kan tinggal di berangkatkan. Kita harapkan kuota tambahan CJH tahun ini masih ada,” harapnya.

Ditanya pelaksanaan manasik haji, Ajamalus mengatakan bahwa manasik haji sudah di laksanakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada. Untuk manasik haji para CJH ini dilaksanakan di Kemenag Mukomuko, KUA dan BPIH.

“Kalau manasik haji di Kemenag Mukomuko dilaksanakan 2 kali, di KUA sebanyak 8 kali dan BPIH itu 21 kali dan saat ini manasik haji sudah dilaksanakan,”demikian Ajamalus (Rls-Mc Kominfo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Resmi Dibuka Bupati, Karnaval Budaya HUT Kabupaten Mukomuko Meriah

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Bupati Mukomuko, Choirul Huda secara resmi membuka karnaval budaya. ...

Meriahkan HUT ke-17, Gus Miftah dan Inul Akan ke Mukomuko

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Sudah dipastikan malam puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten ...