Sekongkol Lakukan Pungli, Sekdes Suka Makmur Susul Kades Meringkuk Ditahanan

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Sekretaris Desa (Sekdes) Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat, Kabupaten Bengkulu Utara berinisial Ka (60) dinyatakan terbukti bersekongkol melakukan perbuatan tindak pidana pungli dalam pengurusan pendaftaran tanah sisitematis dan lengkap (PTSL) di desanya.

Sehingga Ka harus meringkuk di tahanan polisi menyusul Kades Suka Makmur Ma yang telah meringkuk terlebih dahulu sejak Oktober 2019 lalu. Dugaan pungli yang disangkakan kepada keduanya yakni terkait pengurusan PTSL sejak tahun 2007 hingga tahun 2018 lalu.

Modusnya, mereka meminta kepada warga yang ingin membuat sertifikat supaya menyetorkan uang sebesar Rp 500 ribu per sertifikat. Namun sertifikat warga tidak kunjung terbit. Ternyata program PTSL yang dikatakan itu bohong, sebab desanya tidak mendapatkan program tersebut.

Pada Press Conference di Mapolres Bengkulu Utara, Selasa (14/1/2020), Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Anton Setyo Hartanto, S.IK, MH melalui Kasat Reskrim AKP Jery Antonius Nainggolan, S.IK menyebutkan, penetapan tersangka dan penahanan terhadap Ka dilakukan setelah pihaknya melakukan pengembangan.

“Dari hasil pengembangan, ditemukan bukti bahwa Sekdes ikut serta dalam melakukan kerjasama pengumpulan dan menyimpan uang dari masyarakat yang bermaksud mengurus sertifikat PTSL,” beber Kasat.

Atas persekongkolan dalam kasus ini, lanjut Kasat, Sekdes Ka dapat dijerat pasal 55 KUHP. Dan Kasus ini, menurut dia, akan terus dikembangkan guna mengungkap kemungkinan adanya keterlibatan pelaku lain.

“Kasus ini masih terus dikembangkan, dan tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain yang terlibat,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Askolani Geram, PNS atau THL Lakukan Pungli Siap-siap Terima Sanksi

JIKA PELAKUNYA THL, AKAN DIPECAT ! SIGAP ONLINE, Banyuasin – Bupati Banyuasin ...

Dimediasi Kepolisian, Masyarakat Putri Hijau Tegaskan 7 Tuntutan ke Pamorganda

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Dengan dimediasi oleh pihak Polres Bengkulu Utara ...