Puluhan TKS Geruduk DPRD Mukomuko, Tuntut Honor dan Kesamaan Hak

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Sedikitnya ada 20 orang Tenaga Kerja Sukarela (TKS) RSUD Mukomuko pada Selasa (14/1/2020) geruduk gedung DPRD Mukomuko guna menyampaikan bahwa sudah 3 bulan honor dan BPJS 321 orang TKS belum dibayar oleh pihak RSUD setempat.

Mereka juga menyampaikan permasalahan yang dialami oleh para TKS di RSUD. Antara lain adanya dugaan kesenjangan jumlah honorarium maing-masing TKS, juga terjadi perbedaan cuti antara TKS dan PNS. Untuk itu, mereka meminta TKS di SK kan oleh Bupati, agar bisa mendapat BPJS Ketenagakerjaan .

Kedatangan TKS RSUD ini, langsung difasilitasi oleh Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko. Juga hadir pihak managemen RSUD, diantaranya Direktur, Kabag Tata Usaha, Kabag Pelayanan Medis, Subag Kepegawaian, dan Komite Medis RSUD.

Perwakilan dari TKS, Zamroni, Amd.Ak meminta pihak RSUD segera menyelesaikan hak-hak dari para TKS, sebab honor itu, kata mereka untuk menghidupkan keluarganya. Mereka juga meminta DPRD untuk dapat memberi solusi permasalahan yang dihadapi.

‘’Tolong kami, supaya dalam waktu dekat pemerintah daerah dalam hal ini RSUD Mukomuko segara membayar Honor serta BPJS kami selama 6 (enam ) bulan Belum dibayar oleh Pihak RSUD,’’ kata Zamroni.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Mukomuko Wisnu Hadi, menanggapi dengan baik laporan yang disampaikan oleh para TKS, dia medesak pihak RSUD supaya segera menyelesaikannya, sesuai dengan ketentuan.

“Kita minta kepada pihak pimpinan RSUD suapaya menyelesaikan apa yang menjadi hak TKS ini, dan dapat dipenuhi sepantasnya tuntutan mereka tentang kesamaan hak. Karena keberadaan mereka sangat penting dalam menunjang pelayanan di rumah sakit,’’ kata Wisnu.

Namun pihak RSUD, yang saat itu dihadiri oleh Harnovi, S.KM mengemukakan alasannya. Menurut dia, hal itu terjadi lantaran keterbatasan anggaran.

“Kita sangat ingin menyesaikan, tapi persoalannya adalah kemampuan anggaran RSUD sangat terbatas. Mengenai tuntutan BPJS ketenagakerjaan, pihak RSUD Sudah mengeluarkan Peraturan Direktur,” kata Harnovi.

“Untuk para karyawan dan TKS yang berkerja di lingkungan RSUD Kabupaten Mukomuko, ada jaminan kesehatan Kelas 2, juga orang tuanya,’’ imbuhnya. (Aktual)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sesuaikan Kondisi Terkini, Pemprov Bengkulu Usulkan Perubahan 2 Perda Retribusi

SIGAP ONLINE, Bengkulu – Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu mengusulkan dua Perda Retribusi ...

Pria Muda Karyawan Bank Asal Mukomuko Ditemukan Meninggal di Bengkulu

SIGAP ONLINE, Bengkulu – Salah seorang karyawan Bank di Kota Bengkulu berinisial ...