Lebong Gelar Kontes Burung Berkicau Besar-besaran, Berikut Kelas dan Persyaratannya

SIGAP ONLINE, Lebong – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Lebong, menggandeng Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Korwil Bengkulu mengadakan kegiatan Kontes Burung berkicau, dengan tema “Lebong Bird Contest”.

Ajang yang dibuka untuk umum tanpa membatasi daerah asal peserta lomba ini, akan dilaksanakan pada Minggu, 22 Desember 2019, di halaman Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Lebong, atau di samping Danau Picung, Desa Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai.

Perlombaan ini dibuka untuk 27 kelas yang dibagi dalam dua kategori yakni kategori Singing Contest dengan 22 kelas dan 5 kelas pada kategori Beauty Contest.

Pada kategori Singging Contest memperlombakan kelas utama yakni kelas Lebong Bird, berhadiah Rp 5 Juta, untuk itu pihak panitia menetapkan biaya pendaftaran sebesar Rp 250 ribu.

Sedangkan kelas Danau Picung, khusus untuk jenis burung Lovebird, Murai Batu dan Kacer. Pendaftaran sebesarRp 200 ribu,  dengan hadiah utama sebesar Rp 2,5 juta.

Berikutnya adalah Kelas Sungai Ketahun, dengan pendaftaran sebesar Rp 200 ribu (loss gantangan), kelas ini juga untuk jenis Love Bird, Murai Batu dan Kacer dengan hadiah utama sebesar p 1,5 juta.

Kemudian kelas Air Putih, dengan pendaftaran Rp 100 ribu (loss gantangan) diperuntukan untuk burung Lovebird. Lovebird Balibu, Murai Batu, Kacer dan Kenari yang akan memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 1 juta rupiah.

Kelas terakhir untuk Singing Contest adalah kelas Bukit Pabes, pendaftaran ditetapkan sebesar Rp 50 ribu juga Loss Gantangan, yakni untuk Lovebird ring KLI, Lovebird ring bebas, Lovebird Balibu, Kenari, Kolibri A-B, Pleci A-B dan Kapas Tembak A-B dengan hadiah utama sebesar Rp 500 ribu.

Sementara itu untuk Beauty Contest,  khusus untuk burung Lovebird. Beauty Contest terdiri dari 5 kelas, diantaranya kelas Ring KLI, kelas Fischeri, kelas Personatus, kelas Exhibition dan kelas Junior dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 50 ribu rupiah.

Panitia juga telah menyediakan doorprize utama berupa 1 unit motor Honda Beat, serta hadiah menarik lainnya seperti peralatan elektronik, hingga perlengkapan bagi para kicau mania berupa pakan hinga sangkar burung berbagai merek.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo-SP, Donni Swabuana ST.,MSi, mengatakan bahwa event atau perlombaan burung yang akan digelar itu merupakan salah satu kegiatan untuk lebih memperkenalkan Kabupaten Lebong di berbagai kalangan.

“Kita ingin memperkenalkan Kabupaten Lebong, agar lebih diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat,” sampainya.

Diceritakan Donni, event yang akan digelar itu pesertanya bukan hanya dari Provinsi Bengkulu saja, tapi juga akan diramaikan para kicau mania dari luar Provinsi, seperti Palembang, Padang, Sumatra Utara, bahkan ada peserta yang dari pulau Jawa.

“Dengan demikian akan banyak orang luar yang akan mengenal Kabupaten Lebong,” ujarnya.

Beliau juga mengajak seluruh kicau mania dimana pun berada, untuk datang ke Kabupaten Lebong memeriahkan event yang merupakan ajang bagi para kicau mania dan kunjungi objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong.

“Ini merupakan event awal bagi para kicau mania, tidak menutup kemungkinan kegiatan yang sama kembali akan kita laksanakan,” ajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bus Bawa 25 Penumpang Dari Bengkulu Utara Masuk Jurang di Rimbo Pengadang

SIGAP ONLINE, Lebong – Bus Nopol BD 7962 CZ  milik Putra Rafflesia ...

Kejaksaan Negeri Lebong Bakal Dipimpin Kajari Baru

SIGAP ONLINE, Lebong – Kejaksaan Negeri Lebong, kabarnya bakal dipimpin oleh Kajari ...