Berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran dibantu warga setempat, api dapat dipadamkan 2 jam kemudian

Dua Hektar Lahan Kebun di Pinang Raya Ludes Terbakar

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Tidak kurang dari 2 hektar lahan kebun milik T. Purba, warga Desa Suka Manak, Kecamatan Pinang Raya, Bengkulu Utara, sekira pukul 16.30 WIB sore Kamis (7/11/2019) ludes terbakar. Kejadian ini sempat menggegerkan warga Dusun 4, Air Suka Manak, karena letak lahan tersebut berdampingan dengan pemukiman.

Sekalipun demikian, berkat kesigapan warga sekitar yang dikomandoi Kepala Dusun 4, Suparno, juga dibantu oleh unit pemadam kebakaran (Damkar) unit ketahun, api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

“Kita sempat terkejut sekali melihat kobaran api yang cukup besar, perkiraan saya lidah api mencapai ketinggian 6 meter. Kami segera bergerak memadamkan dengan peralatan seadanya, dan sebagian lagi segera menghubungi pihak pemadam kebakaran Unit Ketahun,” ujar Suparno, Kamis.

Diperkirakan oleh Suparno, kebakaran tersebut terjadi akibat api dari sisa pembakaran lahan kebun yang dilakukan oleh salah seorang warga bernama Niko, sehari sebelumnya. Niko sendiri, menurut Suparno, tidak menyangka masih ada titik api di lahan itu.

“Ternyata sisa pembakaran kemarin masih ada, dan menyala kembali hari ini menghanguskan sekitar 2 hektar lahan kebun Pak T Purba. Apalagi sekarang musim kemarau, api semakin cepat merambat,” terang Suparno.

Pewarta : Friederick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tingkatkan Kapasitas Guru, Dispendik Bersama PGRI BU Gelar Workshop eModul

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Guna meningkatkan kapasitas guru SD, SMP, dan ...

Bupati Bengkulu Utara Lantik 49 Kepala Sekolah

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian pada ...