Suasana mediasi antara warga Desa Lubuk Mindai dengan PT Pamor Ganda (foto : friederick)

Dimediasi Polsek Ketahun, Warga Lubuk Mindai dan PT Pamor Ganda Teken Kesepakatan

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Guna menghindari terjadinya konflik antara warga masyarakat Desa Lubuk Mindai, Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara, soal Batas HGU PT Pamor Ganda, yang bergerak dalam bidang perkebunan di daerah itu, pada Selasa (5/11/2019), diadakan mediasi di Mapolsek Ketahun.

Mediasi berjalan dengan lancar, pada pukul 12.15 WIB menghasilkan 6 poin kesepakatan, lalu dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang ditanda tangani oleh Camat, Kapolsek, Perwakilan warga masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan perwakilan dari BPN Bengkulu Utara.

Kapolsek Ketahun, Polres Bengkulu Utara, Iptu Teguh Ari Aji, S.IK, usai kegiatan mediasi mengharapkan, agar warga masyarakat menghormati kesepakatan yang telah dibuat bersama tersebut, dan bersabar hingga proses perpanjangan HGU nanti selesai dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI.

“Kita minta kepada warga masyarakat Lubuk Mindai bersabar menunggu sampai proses perpanjangan HGU selesai dan nantinya dapat dikordinasikan kembali ke BPN,” kata Kapolsek, Selasa.

Berikut isi berita acara kesepakatan :

1. Warga Desa Lubuk Mindai akan mengiventarisir masalah yang berkaitan dengan HGU PT Pamor Ganda dan akan dikirimkan ke BPN Bengkulu Utara sebagai bahan pertimbangan perpanjangan HGU.

2. PT Pamor Ganda saat ini sedang melakukan proses perpanjangan HGU melalui Kemeterian Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI.

3. Dalam proses pengukuran ulang, untuk perpanjangan HGU, dilakukan oleh Kementerian ATR RI dan tidak ada kewajiban melibatkan warga masyarakat Lubuk Mindai dan perangkat desa.

4. Perusahaan wajib memberikan bantuan dalam bekerja sama dengan masyarakat dengan jumlah 20 persen dari luas HGU, lahan tersebut bukan dari dalam HGU, namun masyarakat yang menyiapokan lahan untuk bisa diberikan bantuan.

5. Pihak Desa Lubuk Mindai bersedia untuk tidak melakukan aksi anarkis selama proses perizinan perpanjangan HGU PT Pamor Ganda tersebut hingga selesai.

6. Kedua belah pihak yakni pihak Desa Lubuk Mindai dan pihak PT Pamor Ganda, sama-sama menghormati hasil kesepakatan ini.

Hadir dalam mediasi tersebut, Kabag Ops Polres BU, AKP Januari Sutirto, Kasat Reskrim Polres BU AKP Jery Antonius Nainggolan, S.IK, Kapolsek Ketahun, Iptu Teguh Ari Aji, S.IK, Kasat Binmas Iptu Rahmat SH. MH, Danramil Ketahun, Kapten Joko S, Camat Ketahun, Kadino S.Sos, perwakilan dari BPN BU, Muhammad Abdullah, dari Dinas Perkebunan BU, Desman Siboro, K. Tentunya dihadiri oleh kedua belah pihak yang bersepakat yakni Manager PT Pamor Ganda, Paten Siagian, dan sejumlah perwakilan warga,

Pewarta : Friederick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tingkatkan Kapasitas Guru, Dispendik Bersama PGRI BU Gelar Workshop eModul

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Guna meningkatkan kapasitas guru SD, SMP, dan ...

Bupati Bengkulu Utara Lantik 49 Kepala Sekolah

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian pada ...