Suasana Sosialisasi

DLH Situbondo Gelar Sosialisasi AMDAL dan Produk Hukum

SIGAP ONLINE, Situbondo – Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar sosialisasi di Kantor Pemda setempat, melibatkan 50 pelaku usaha kecil hingga menengah, dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan pencemaran udara, air, serta tanah yang dapat berdampak negatif pada lingkungan sekitar, Rabu (30/10/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, M. Holil mengatakan, sesuai pasal 22 ayat 1 dan 3 setiap usaha atau kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan, wajib memiliki AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Sedangkan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib AMDAL, wajib melakukan upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL).

Setiap pelaku usaha, kata Dia, harus membuat laporan minimal 6 bulan sekali ke dinas lingkungan hidup bahwa usahanya tidak ada yang mencemari lingkungan.

“Untuk mengurus ijin usaha di bidang lingkungan hidup sebenarnya sangat mudah, cukup dua hari saja. Apabila sudah keluar ijin tersebut hendaknya dibaca isinya biar paham dan di patuhi larangannya biar tidak mencemari lingkungan, usaha apapun pasti ada dampak lingkungannya tapi setidaknya kita bisa meminimalisir,” pungkasnya.

Sementara itu, Taufan selaku Kabid Perjinan menambahkan tentang persyaratan untuk mengurus izin lingkungan hidup. Dan pihaknya siap membantu.

“Apabila usaha perorangan, maka ijinnya tidak usah pakai NPWP, cukup SIUP saja dan sampaikan rinciannya usahanya kepada petugas, apa bidang usaha serta produknya,” jelasnya.

Pewarta : Ajyi Saka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

AKNS Situbondo Wisuda 44 Mahasiswa

SIGAP ONLINE, Situbondo – Akademi Komunitas Negeri Situbondo (AKNS), menggelar wisuda yang ...

Ikut Pemilihan Duta ISNU di Jawa Timur, Cici Dari Bengkulu Ini Mohon Dukungan

SIGAP ONLINE, Bengkulu – Cici Hanifa, putri dari pasangan Zetman dan Elva ...