Bupati bersama segenap peserta, usai kegiatan

HIMPAUDI BU Gelar Workshop Pembelajaran Kreatif, Bupati Mian dan Imron Beri Bantuan

SIGAP ONLINE – Sebagai upaya untuk menuju PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) berkualitas, dan demi terpeliharanya sinergi dan kolaborasi stake holder, HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kabupaten Bengkulu Utara pada Rabu, (2/10/2019) mengadakan Workshop Pembelajaran Kreatif.

Sebanyak 350 orang yang terdiri dari tenaga pendidik PAUD, IGRA, Guru TK, pada hari itu memadati aula Universitas Ratu Samban (Unras). Workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan tenaga pendidik dalam proses pembelajaran melalui metode steam dan loose parts.

Acara dibuka oleh Asisten III Ramadanus, SE, kemudian pada siang harinya Bupati BU, Ir H. Mian juga menyempatkan hadir pada kegiatan tersebut. Disamping itu, hadir pula Ketua BAN PNF Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pendidikan BU, Sekretaris Dinas Pendidikan, Penilik PAUD,  Ketua IGTKI, PGRI BU, Ketua IGRA, keluarga dari Rektor Unras beserta segenap unsur terkait lainnya.

“Workshop ini merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para tenaga pendidik PAUD di Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Ketua Himpaudi Bengkulu Utara, Sutriana, S.Pd.AUD, M.Pd, Rabu.

Materi pada workshop tersebut antara lain disampaikan oleh Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN PNF) Provinsi Bengkulu, Yuni Herlina M.TPd, Ketua Himpaudi Provinsi Bengkulu, TRI Siswati, M.Pd, Wakil Ketua IGRA, Suharti, S.Pd.AUD dan Ketua Himpaudi Kabupaten BU, Sutriana, S.Pd.AUd, M.Pd.

“Disini kita akan dapat mengetahui bagaimana pembelajaran melalui steam dan loose parts, kemudian diharapkan agar selanjutnya bisa diterapkan kepada peserta didik di lembaganya masing-masing,” kata Sutriana menambahkan.

Pemahaman yang diperoleh dari workshop steam dan loose parts tersebut, diharapkan oleh Sutriana, dapat menambah wawasan serta menopang kemampuan para guru PAUD di daerah itu dalam memberikan materi pembelajaran bagi para muridnya.

Steam adalah kepanjangan dari sains, engineering, art and match. Sedangkan loose parts adalah permainan model yang menuntut anak untuk lebih kreatif dan inovatif. Maka, dengan metode ini anak-anak bebas berkarya menunjukkan kreatifitasnya serta diberi ruang untuk berinovasi,” paparnya.

Bupati BU, Ir H Mian menyampaikan arahannya (kiri) dan pengarahan dari Kadis Pendidikan BU, Dr. Agus Haryanto, SE, MM (kanan)

Sementara itu, Bupati BU, Ir H Mian pada kesempatan itu menyampaikan arahannya agar kegiatan seperti ini lebih sering dilaksanakan dan dikembangkan lagi guna meningkatan kualitas pembelajaran bagi anak didik pada usia keemasan.

Mengetahui bahwa kegiatan tersebut diadakan dengan dana sendiri, maka bupati pada saat itu secara spontanitas memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp 10 Juta.

“Kita ketahui bimtek ini diselenggarakan oleh Himpaudi menggunakan dana pribadi, kedepan kita sudah sampaikan juga kepada pihak Dinas Pendidikan supaya mendukung kegiatan seperti ini, guna memperhatikan pendidikan anak-anak pada usia keemasan bisa sempurna,” kata Bupati Mian, usai memberikan arahannya.

Ada yang cukup menarik perhatian saat itu, di penghujung acara, Hadir pula Ny. Anes Imron Rosyadi bersama Kabid PAUD Dinas Pendidkan BU. Sebagai bentuk perhatiannya, Ny. Anes memberikan bingkisan untuk para tenaga pendidik berupa botol minum sebanyak 360 buah. [ADVERTORIAL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rumah Warga Taba Tembilang Beserta Isinya Terbakar

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Peristiwa kebakaran kembali terjadi, kali ini menimpa ...

Berikut Hasil Pemilihan BPD Sukamanak, Pinang Raya

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Pemilihan angggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Suka Manak, ...