Lokasi aliran sungai di Bandar ratu (kiri) dan Ade Kosasih (kanan)

Jika Reklamasi Tanpa Izin Atau Merubah Fungsi Ruang, Dapat Diancam Pidana

SIGAP ONLINE – Pakar hukum Ade Kosasih, SH, MH menyebutkan, apabila kegiatan reklamasi aliran sungai di Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko terbukti dilaksanakan tanpa izin atau akibat kegiatan tersebut terjadi perubahan fungsi ruang, maka dapat diancam pidana.

Ditegaskannya, setiap orang yang akan melakukan kegiatan pada ruang sungai wajib memperoleh izin. Tentunya izin tersebut dapat diberikan dengan ketentuan dalam rangka melindungi, memelihara, dan/atau mengamankan kelangsungan fungsi sungai serta sarana dan prasarananya.

”Apabila terbukti, melakukan kegiatan tanpa izin pemanfaatan ruang dan tidak mentaati tata ruang berdasarkan Pasal 69 ayat (2) Jo. Pasal 70 ayat (1) Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang maka pihak-pihak yang telah melakukanya dapat diancam pidana 3 tahun atau denda paling banyak Rp. 500 Juta,” tegas Ade.

Lebih jauh dijelaskan oleh Ade Kosasih yang juga merupakan Dosen Hukum Tata Negara IAIN Bengkulu ini, aktifitas reklamasi pada daerah aliran sungai harus memperhatikan rencana tata ruang dan fungsi sungai. Pastinya tidak boleh melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Sungai.

“Dan jika kegiatan tersebut mengakibatkan perubahan fungsi ruang diancam pidana 5 tahun dan denda Rp. 1 miliar. Ancaman pidana penjara dan denda tersebut bukan bersifat alternatif tapi kumulatif. Jadi, kita tidak bisa main-main dalam memanfaatkan tata ruang,” tegasnya.

Baca juga Artikel terkait :

Reklamasi Aliran Sungai Tanpa Izin di Mukomuko Dilidik Polisi

Ancaman Kerusakan Akibat Reklamasi Tanpa Izin di Mukomuko Dilaporkan ke Polisi dan TNI

Reklamasi Diduga Tanpa Izin, Pemkab Mukomuko Tutup Mata?

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pendafataran CPNS Mukomuko Resmi Dibuka, Ini Persyaratannya

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten ...

Kanwil Kemenkumham Tinjau Lahan Untuk Pembangunan Lapas di Mukomuko

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak ...