Kades, Sekedes, dan bendahara ditahan

Korupsi DD, Kades, Sekdes dan Bendahara Desa Dijebloskan ke Sel Tahanan

SIGAP ONLINE – Dengan ditetapkannya sebagai tersangka Kepala Desa (Kades) ML, Sekretaris Desa (Sekdes) AR, dan Bendahara HD, Desa Embong Sido, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Kepahing, menambah panjangnya deretan oknum pemerintahan desa yang terjerat kasus tindak pidana korupsi Dana Desa (DD).

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan dan ditetapkan sebagai tersangka oleh Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Kepahiang, ketiganya dijebloskan ke dalam sel tahanan Polres Kepahiang. Mereka disangkakan telah mekakukan penyelewengan dalam mengelola Dana Desa tahun anggaran 2017.

Kapolres Kepahiang, AKBP. Pahala Simanjuntak, S.IK, melalui Kasat Reskrim AKP. Yusiadi, S.IK, membenarkan bahwa pihaknya telah menetapkan Kades, Sekdes dan Bendahara Desa Embong Sido sebagai tersangka.

Disampaikan Kasat, dari hasil pemeriksaan, ketiganya diduga kuat terlibat dalam perbuatan tindak pidana korupsi pada kegiatan pembangunan pelapis tebing dan jalan lapen yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp. 280 Juta.

“Iya benar, kita telah menetapkan Kades, Sekdes, dan Bendahara desa Embong Sido sebagai tersangka, ketiganya langsung kita tahan,” ujar Kasat.

Alasan penahanan dilakukan, kata Kasat, atas pertimbangan terhadap ketiganya yang berpotensi melarikan diri atau menghilangkan barang bukti.

Sebelumnya, ketiga tersangka telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi, yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB, Senin (16/9/2019).

“Mereka kita tahan atas pertimbangan ada potensi melarikan diri dan menghilangkan barang bukti,” jelas Kasat, Senin.

Dengan demikian, dalam dua tahun terakhir sudah tercatat 4 kepala desa di Kabupaten Kepahiang yang terjerat kasus tindak pidana korupsi yakni, Kades Limbur Lama, Kecamatan Bermani Ilir, ditahan, tahun 2018, Kades Sungai Jernih, Kecamatan Seberang Musi, tahun 2018, Kades Ujan Mas Bawah, Kecamatan Ujan Mas, tahun 2019, dan kini Kades Embong Sido, Kecamatan Bermani Ilir tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gubernur dan DPRD Disebut Sebagai Mitra Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

SIGAP ONLINE – Gubernur dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) merupakan satu kesatuan ...

DPRD Kepahiang Digeruduk Supir Truk, Begini Pasalnya

SIGAP ONLINE – Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepahiang pada ...