Tidak Hanya Terjangkit DBD, 59 Warga Mukomuko Mengidap ISPA, Juga Diare dan Malaria

SIGAP ONLINE – Sebelumnya, sebanyak 67 orang warga Kabupaten Mukomuko dinyatakan positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD), pihak Dinas Kesehatan kesehatan setempat menyebutkan pula sebanyak 59 orang warga di Kecamatan Air Dikit dari usia anak-anak hingga dewasa terserang Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Baca juga : Waspada ! Sudah 67 Warga Mukomuko Positif DBD, Satu Orang Meninggal

Jumlah penderita penyakit berupa infeksi yang disebabkan oleh serangan virus pada hidung, trakea (pipa pernapasan), atau paru-paru, serta mudah sekali menular ini disebutkan oleh Kepala Puskesman Dusun Baru V Koto, Kecamatan Air Dikit, Siti Maryamsi, SKM pada Selasa (10/9/2019).

”Dalam sebulan terakhir memang banyak warga yang menderita penyakit diantaranya DBD, ISPA, diare dan malaria. Kami sudah memberikan penanganan medis. Khusus untuk DBD, memang dibawa ke RSUD Mukomuko untuk lebih mendapatkan perawatan intensif. Sedangkan untuk penderita penyakit lainnya, Alhamdulillah saat ini sudah membaik,” ungkapnya.

Guna mencegah penyebaran penyakit, Siti Maryamsi menerangkan bahwa khusus untuk DBD sendiri telah dilakukan upaya fogging. Tujuannya untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan juga dilakukan.

”Rumah warga yang terserang penyakit DBD telah dilakukan fogging. Kita juga selalu berkoordinasi dengan petugas dan juga pemerintah desa serta kecamatan agar masyarakatnya selalu berupaya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Dengan demikian agar dapat mencegah penyakit,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tanggapi Keluhan Buruh Di Mukomuko, Gubernur Akan Turunkan Tim Investigasi

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Menanggapi banyaknya keluhan para buruh perusahan di Kabupaten ...

MTQ Tingkat Provinsi di Mukomuko Resmi Dibuka

SIGAP ONLINE, Mukomuko – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Bengkulu XXXIV yang ...