Salah satu potret kondisi jalan, lokasi bahkan bukan termasuk yang terparah

Ironi Dibalik Kerusakan Infrastruktur di Bengkulu Utara

SIGAP ONLINE – Bagi warga yang tinggal di Kabupaten Bengkulu Utara, dapat dipastikan telah merasakan bagaimana kerusakan jalan-jalan baik di dalam ibukota kabupaten, apalagi pada ruas jalan desa dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini. Ada kesan, bahkan timbul anggapan, kondisi infrastruktur di daerah ini sangat jauh bila dibandingkan dengan kabupaten tetangga yang ada di provinsi Bengkulu.

Tapi, bukan kerusakan itu yang menjadi substansi. Banyaknya proyek pembangunan dan perbaikan seakan tak henti-hentinya setiap tahun dianggarkan, sehingga semakin dirasakan lebih mendalam bagi masyarakat. Karena anggaran tersebut terus mengalir, namun seperti tak bermuara kepada peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Suka atau tidak, kondisi ini sudah tercipta, situasinyapun semakin mendera kita. Sepertinya pemerintah perlu anggaran yang sangat tinggi untuk membiayai perbaikan infrastruktur terutama jalan dan jembatan. Hanya saja, selama ini ada pihak yang menilai arah penerapan dana yang tersedia terkadang meleset dari harapan masyarakat di daerah ini.

Kita Ambil contoh, dibangunnya Jalan Kol. Alamsyah menjadi dua jalur, dari Simpang Gunung Agung hingga ke Desa Gunung Selan. Alhasil, sejak terbentuknya ruas jalan tersebut, sudah tak terhitung keluhan yang terucap baik dari pengendara termasuk juga dari masyarakat setempat yang tinggal disisi jalan itu.

Bukannya bermaksud menyalahkan pihak-pihak tertentu, tetapi persoalan ini tidak hanya sampai disitu, akibat sempitnya badan jalan, ditambah lagi kondisinya yang rusak parah, tentu akan memperbesar angka kejadian kecelakaan lalulintas, terutama pada malam hari. Mungkin perlu kembali disiasati agar dapat mengikis keluhan-keluhan seperti sebelum ini.

Kendati pemerintah daerah katanya menggenjot pembangunan di segala sektor, hal itu tidak akan dapat berjalan dengan lancar, apabila jalan dan jembatan dalam kondisi seperti sekarang. Sebab, apapun bentuk usaha yang digeluti, akses berupa jalan dan jembatan merupakan penentu kelancaran.

Pelaku ekonomi dan pergerakan perekonomian daerah ini dapat dikatakan mustahil bisa melaju, apabila tidak ditopang oleh infrastruktur yang memadai. Kita abaikan dulu untuk klasifikasi infrastruktur handal, dapat dilintasi dengan lancar saja, warga Bengkulu Utara rasanya sudah sangat-sangat bersyukur.

Harapan kita bersama, yang menjadi impian masyarakat, mungkin juga merupakan tujuan pemerintah, semuanya dapat terwujud dengan segera. Namun secara berangsur hal itu dapat dicapai bila semuanya terinventarisir dengan cermat dan dikerjakan sesuai dengan kebutuhan umum, dengan kata lain bukan hanya menjadi skala prioritas bagi pihak-pihak tertentu.

Mungkin saja pemerintah, mulai dari pusat sampai provinsi dan kabupaten, mengklaim sudah banyak berbuat, tetapi bagaimanakah hasilnya? Lihatlah potret infrastruktur daerah kita saat ini. Jika tidak ingin disebut cenderung memburuk dari tahun ke tahun, kita sebut saja jalan ditempat.

Karena kita semua memahami, bukannya banyak atau sedikitnya berbuat, tetapi seberapa jauh yang diperbuat tersebut bisa menyentuh langsung kepada kebutuhan dan harapan masyarakat, khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur.

Kita juga menyadari, semakin hari kondisi jalan dan jembatan semakin melapuk dan memburuk, jumlah kendaraan yang tonasenya melebihi kapasitaspun disebut sebagai penyebab semakin mempersingkat daya tahan infrastruktur. Sebagai alasan itu boleh-boleh saja, selagi dapat dibenahi sehingga dapat menyentuh harapan masyarakat secara luas.

Baik penjabat maupun pemimpin atau apapun sebutannya, bagi yang mempunyai kompetensi serta kewenangan, terutama yang merasa bertanggung jawab, mari kita merunduk sejenak memahami secara mendalam, apa yang menjadi kebutuhan prioritas sebagai penunjang meningkatnya ekonomi warga masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara.

Akhir kata : Berharap panas hingga ke petang, hujan runtuh di tengah hari, berharap cemas di tahun mendatang, pembangunan infrastruktur lepas kendali. 

Oleh Uj Thahar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Rumah Warga Taba Tembilang Beserta Isinya Terbakar

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Peristiwa kebakaran kembali terjadi, kali ini menimpa ...

Berikut Hasil Pemilihan BPD Sukamanak, Pinang Raya

SIGAP ONLINE, Bengkulu Utara – Pemilihan angggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Suka Manak, ...