Lebih Dekat Mengenal Budaya Sengkure di Kabupaten Kaur

SIGAP Kaur – Bupati Kaur, Gusril Fausi, S.Sos mengajak segenap warga masyarakat beserta elemen di daerah tersebut untuk kembali menggali potensi budaya lokal. Terutama budaya-budaya yang berkaitan dengan adat istiadat serta keagamaan dalam upaya untuk menumbuh kembangkan akal budi, yang memenuhi aturan serta norma kehidupan yang berakar kepada agama guna memperkuat persatauan dan kesatuan.

Salah satu budaya lama yang kembali dikembangkan yakni Sengkure. Menurut beberapa sumber mengatakan, Sengkure merupakan acara tahunan yang dilaksanakan setiap Hari Raya Idul Fitri oleh masyarakat dalam Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, Khususnya di Desa Tanjung Betuah, Gedung Menung, Ulak Pandan dan Tanjung Baru.

Sengkure yang digambarkan dengan wujud seseorang yang seluruh tubuhnya dibalut dengan ijuk dan tikar pandan, diarak mengelilingi kampung sambil menari dan diiringi dengan gendang dan nyanyian, sekaligus melakukan silahturahmi. Acara ini digelar semata-mata untuk memeriahkan Hari Raya Idul Fitri atau untuk mempererat hubungan silaturahim antar masyarakat.

Bupati menginginkan, keberadaan kebudayaan sengkure ini tetap dipertahankan dan kembali digalakkan, dan diharapkan dapat digelar dalam suatu ajang kompetisi. Sebab, kata Bupati, bagian yang menarik pada tradisi sengkure ini yaitu pesertanya tidak dalam wujud asli, tetapi menggunakan topeng untuk menutupi seluruh badannya.

“Saya berharap seluruh seni dan budaya yang ada di Kaur ini terus digali dan dikembangkan. Karena dari seni dan budaya daerah kita semakin dikenal. Dengan begitu, akan mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kaur, tentunya dapat meningkatkan pendapatan dari sisi pariwisata,” kata Bupati, Kamis (13/6/2019).

Pewarta : Mrjhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Alamak, Satu Warga Kaur Terdeksi Positif Terjangkit HIV/AIDS

SIGAP ONLINE – Dari hasil pemeriksaan sementara dari pihak medis di Puskesmas ...

Modus Cari Kontrakan, Penipu Ini Bawa Kabur Motor Pemilik Rumah

SIGAP ONLINE – Melisa, salah seorang pemilik rumah kontrakan di Sekunyit, Kecamatan ...