Pemkab Kaur Tandatangan MoU dengan PT Telkom terkait tentang penyediaan layanan berbasis Information and Communikation Technologi (Smart City).

Pemkab Kaur Teken MoU dengan PT Telkom, Tentang Penyediaan Layanan Smart City

SIGAP Kaur – Pemerintah Kabupaten Kaur bersama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk, sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman tentang penyediaan layanan berbasis Information and Communikation Technologi (Smart City) di Pemkab Kaur.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan kemampuan kinerja sumber daya internal dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan dan perkembangan bidang Information and Communikation Technologi.

Pertemuan Bupati Kaur, Gusril Fausi, S.Sos, MAP dengan pihak PT Telkom dari Bengkulu

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, MAP menyampaikan, Pemkab Kaur telah menggunakan layanan telekomunikasi dan jaringan internet dari PT. Telkom untuk kebutuhan sistem elektronik di Pemda Kaur.

Sekalipun masih ada sejumlah kecamatan yang belum terjangkau jaringan internet kabel serat optik, baik dalam langganan astinet maupun indihome, namun dapat dikatakan, hampir semua OPD di daerah itu sudah berlangganan internet.

Dijelaskan pula, ada 27 OPD yang berlangganan dan termasuk langganan khusus untuk sistem elektronik yang dikontrak oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian di Kabupaten Kaur.

Sebanyak 5 titik Astinet untuk sistem elektronik pemerintah Kabupaten Kaur yang telah terpasang yakni, Bandan Keuangan, Badan Perencanaan dan Litbank, Dinas Kominfo, Dinas PMPTSP dan unit layanan Pengadaan VPN untuk RSUD Kabupaten Kaur.

“Kita tentunya berterimakasih kepada pihak PT. Telkom yang telah membantu dan memberikan layanan kepada pemerintah Kabupaten Kaur,” kata Bupati.

Jaringan internet tersebut diharapkan dapat menjangkau semua OPD, hingga ke seluruh kecamatan termasuk puskesmas dan sekolah.

Sementara ini yang sudah terjangkau jaringan internet kabel serta optik antara lain Kecamatan Kaur Selatan, Kecamatan Tetap dan Kecamatan Kaur Tengah.

Sedangkan kecamatan yang masih perlu dilakukan pengembangan yakni, Kecamatan Luas dan Muara Saung, merupakan perluasan Jaringan internet kabel dari kecamatan Kaur Tengah.

Untuk Kecamatan Tanjung Kemuning akan dilakukan pengembangan dan pembukaan jalur baru melalui kabel optik dan jaringan bawah tanah. Dikarenakan di Kecamatan Tanjung Kemuning telah banyak terdapat fasilitas umum.

Perluasan Jalur kabel di Kecamatan Tanjung Kemuning merupakan titik awal pengembangan. Dengan demikian diharapkan dapat diperluas ke Kecamatan Kelam Tengah,Kecamatan Kaur Utara, Kecamatan Padang Guci Ilir, Kecamatan Padang Guci Hulu dan  Lungkang Kule.

Yang dirasa perlu untuk pengembangan jaringan kabel serat optik internet secepatnya mengingat SMP se-kabupaten Kaur akan mengadakan ujian nasional berbasis komputer.

Pengembangan Jaringan internet untuk layanan kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta jalur baru untuk unit layanan pengadaan  rumah dinas Bupati Kaur.

Adanya  semua perencanaan dan pembangunan dapat dilakukan dalam waktu tidak begitu lama, sehingga pelayanan kepada masyarakat optimal, dan masyarakat umum se-kabupaten Kaur dapat berlangganan internet (ADV)

Pewarta : Mrjhon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

UKPBJ Harus Maksimalkan 5 Pilar Pengadaan Barang/Jasa

SIGAP ONLINE, Bengkulu – Pengadaan barang/ jasa pemerintah merupakan salah satu entitas ...

Pemanfaatan Pekarangan Langkah Strategis Memenuhi Ketersediaan Pangan

SIGAP ONLINE, Bengkulu – Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah menghadiri sekaligus mencanangkan ...