Pjs Kades Tanjung Dalam Kecamatan Tetap, Kaur, Zaili

Pjs Kades Ini Mengaku, Dana Desa Hanyut Terbawa Banjir ?

SIGAP Kaur – Uang tunai yang disimpan oleh bendahara Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Tetap, Kabupaten Kaur, berasal dari pencairan Dana Desa (DD) sebesar 20 persen tahap awal diperkirakan sebesar Rp 19 Juta, disebutkan oleh Pjs Kades setempat Zaili  raib terbawa hanyur arus air saat terjadi bencana banjir bandang yang melanda desa tersebut 27 April lalu.

Sedangkan dana tersebut, kata Zaili, antara lain dipersiapkan untuk biaya konsultasi ke Kejaksaan, untuk publikasi dan Gaji Imam Masjid, serta kebutuhan lainnya. Sementara sebagian sudah disetorkan ke PMD untuk dana Bimtek sebanyak 5 orang, pembuatan peta profil desa.

“Uang yang raib itu disimpan oleh bendahara desa Budi, yang menurut ceritanya dana itu di simpan di lemari bersama berkas dokumen lain nya. karena lemarinya hanyut dan hancur maka uang dan dokumen yang ada di dalam lemari itu pun ikut raib,” kata Kades, Senin, 20/05/2019.

Kehilangan itu diketahui oleh Kades ketika ia mengirim pesan singkat via phonesel supaya menyiapkan uang untuk suatau kebutuhan, dibalas oleh bendahara bahwa uang tersebut hilang. Lemari tempat menyimpan uang itu juga hanyut ke luar rumah.

“Saya masih penasaran, dan berupaya agar dicari dulu, tetapi Budi bendahara mengatakan lewat sms, sudah dicari olehnya ke mana-mana termasuk di lemari pakaian mereka tidak ditemukan,” terang Zaili.

Namun menurut kasat mata, dari pantauan awak media di lapangan, memang ada sejumlah rumah yang rusak, tetapi tidak termasuk rumah bendahara. Bahkan lebih menariknya lagi awalnya disebutkan oleh Pjs Kades Zaili, uang yang hilang sebesar Rp 50 Jutaan, kemudian menurun menjadi Rp 26 juta, dan akhirnya kini dikatakan hanya Rp 19 juta.

“Kita berharap agar dilakukan audit dan penyelidikan lebih seksama apakah benar hilang hanyut atau tidak.  Karena dari pengakuan dan hilangnya uang tersebut masih menimbulkan tanda tanya,” tukas salah seorang warga.

Pewarta : Mrjhon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Alamak, Satu Warga Kaur Terdeksi Positif Terjangkit HIV/AIDS

SIGAP ONLINE – Dari hasil pemeriksaan sementara dari pihak medis di Puskesmas ...

Modus Cari Kontrakan, Penipu Ini Bawa Kabur Motor Pemilik Rumah

SIGAP ONLINE – Melisa, salah seorang pemilik rumah kontrakan di Sekunyit, Kecamatan ...