Tolak Sistim Uang Kuliah, Ratusan Mahasiswa UBH Gelar Aksi Demo

SIGAP Padang – Ratusan mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) pada Selasa (19/3/2019) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung rektorat kampus I UBH di Ulak Karang. Aksi ini dilakukan karena mereka menolak sistem uang kuliah paket yang ditetapkan oleh petinggi kampus. Pasalnya, menurut para pengunjuk rasa, sistem uang kuliah paket seperti itu merugikan mahasiswa, terutama bagi yang sedang menyelesaikan skripsi.

“Kami menolak sistem uang kuliah paket, tidak adil. Makanya kami mendesak pihak kampus untuk memungut uang kuliah berdasarkan jumlah pembayaran satuan kredit semester (SKS),” ujar Koordinator lapangan (Korlap) Fajar Aditia Amri.

Selain itu, ia menuntut pihak kampus untuk melakukan perbaikan terhadap fasilitas kampus untuk mendukung sarana dan prasaarana ademik dan non akademik.

“Fasilitas kampus kami sangat memprihatinkan, sehingga aktifitas belajar kami terganggu,” ujar Fajar.

Ia juga mengatakan, tidak ada keterbukaan dan musyawarah terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh rektorat terhadap mahasiswanya.

“Jadi kami menolak konsekuensi masa perkuliahan yang telah habis dinyatakan dalam surat edaran rektor, bahwa bagi mahasiswa yang belum dapat menyelesaikan studi hingga 2020 untuk mengajukan ke perguruan tinggi lain atau Drop Out (DO),” ujar Fajar.

Dikatakannya, saat ini Rektor UBH sudah menandatangai surat tuntutan mahasiswa. Bahkan, rektor sendiri mengatakan akan membahasnya dalam satu minggu ini.

“Jadi rektor akan membahas dalam Minggu ini, jika tidak rektor sendiri menyatakan akan mengundurkan diri,” tegasnya. (fardi/tabloidbijak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jemaah Naqsabandiyah Lebaran Hari Ini

SIGAP Padang – Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat merayakan Idul ...

Bawaslu Tindaklanjuti Dugaan Politik Uang Caleg Gerindra

PADANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menegaskan pihakny telah menindaklanjuti ...