Dukung Program Indonesia Bersih, Pemprov Sumbar Fokus Soal Pengelolaan Sampah

SIGAP Padang — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mengingatkan kepada segenap Kabupaten/Kota di daerah itu, supaya fokus dalam pengelolaam sampah. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit usai rapat kerja pengelolaan sampah dan sungai provinsi Sumbar dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten dan Kota.

Dijelaskannya, dalam pertemuan dengan Menkomaritim beberapa waktu lalu, Indonesia bersih menjadi program pemerintah. Terkait itu, Sumbar juga akan melakukan pembenahan di beberapa sektor terutama dalam pengelolaan sampah.

Menurut Nasrul, pengelolaan sampah perlu dengan memanfaatkan TPA regional yang ada di beberapa daerah untuk menampung sampah. Pasalnya, volume sampah di beberapa daerah terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Selanjutnya, pembersihan sampah di sungai-sungai, kata Nasrul mesti sampai ke hulunya. Alasannya, sampah yang menumpuk di sungai akan berdampak kepada pencemaran air, dan bahkan mengakibatkan aliran sungai tersumbat.

“Pembersihan sungai ini mesti rutin dilakukan. Semua pihak mesti terlibat dalam menjaga kebersihan sungai,” ujar mantan Bupati Pessel dua periode ini.

Selain di sungai-sungai, katanya kebersihan lingkungan di lokasi wisata juga mesti diprioritaskan. Apalagi, lokasi wisata ini merupakan tempat yang sering dikunjungi masyarakat. Apabila kawasan wisata bersih akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

“Lokasi wisata ini mesti bersih dari sampah. Untuk itu perlu disediakan tong sampah di beberapa objek wisata,” ungkapnya.

Ia berharap, kabupaten dan kota di Sumbar agar terus melakukan gerakan kebersihan di daerahnya dengan mengedukasi masyarakat terkait kebersihan, dan pengelolaan sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Isu Stunting Jadi Tantangan Bagi Sumbar Sukseskan KKBPK

SIGAP Padang — Dinilai dalam menerapkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan ...